Dosen FEB diwawancarai CNN Indonesia terkait Geliat Distro di Tengah Gempuran Pasar Daring

  • Beranda
  • Berita
  • Dosen FEB diwawancarai CNN Indonesia terkait Geliat Distro di Tengah Gempuran Pasar Daring

 

Bandung, 10 Mei 2023

Dalam wawancara eksklusif dengan CNN Indonesia, seorang dosen dari Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung (Unisba) yang merupakan pakar ekonomi kreatif, memberikan pandangannya mengenai geliat distro di tengah gempuran pasar daring. Dalam wawancara tersebut, beliau mengungkapkan bahwa distro masih memiliki potensi untuk bertahan jika mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman tanpa kehilangan ciri khasnya, yaitu eksklusivitas.

Distro, yang merupakan singkatan dari “distribution outlet,” telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya fashion dan bisnis kreatif di Kota Bandung. Selama beberapa tahun terakhir, dengan munculnya platform daring dan perubahan perilaku konsumen yang semakin digital, distro dihadapkan pada tantangan besar dalam mempertahankan pangsa pasar mereka.

Namun, menurut pakar ekonomi kreatif dari Unisba yang diwawancarai oleh CNN Indonesia, distro masih memiliki peluang untuk tetap relevan dan berkelanjutan di era pasar daring. Beliau menjelaskan bahwa salah satu kunci keberhasilan distro adalah kemampuannya untuk mengikuti perkembangan teknologi dan tren konsumen yang terus berubah.

Pakar tersebut menekankan pentingnya distro untuk tetap mempertahankan ciri khasnya yang eksklusif. Menurutnya, distro dapat menarik perhatian konsumen dengan menyajikan produk-produk yang unik, kreatif, dan terbatas. Dengan cara ini, distro dapat membangun keinginan dan kebutuhan konsumen untuk mendapatkan produk yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Pakar ekonomi kreatif juga menyebutkan bahwa kerja sama dan kolaborasi antara distro dengan desainer lokal dan brand lokal dapat menjadi strategi yang efektif. Dengan bekerja sama, distro dapat menawarkan produk-produk eksklusif yang dihasilkan secara kolaboratif, sehingga meningkatkan nilai dan daya tarik bagi konsumen.

Dalam wawancara tersebut, pakar ekonomi kreatif juga menyoroti pentingnya distro untuk memanfaatkan kehadiran media sosial dan platform daring sebagai sarana promosi dan penjualan. Dengan membangun kehadiran yang kuat di dunia maya, distro dapat menjangkau konsumen potensial di seluruh Indonesia dan bahkan internasional.

Beliau menyimpulkan wawancara dengan menyatakan, “Distro masih memiliki peluang untuk tetap eksis dan sukses di era pasar daring saat ini. Penting bagi mereka untuk terus berinovasi, mengikuti tren, dan mempertahankan eksklusivitasnya sebagai ciri khas yang menarik bagi konsumen. Melalui strategi pemasaran yang cerdas dan adaptasi yang tepat, distro dapat terus tumbuh dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.”

Pendapat pakar ekonomi kreatif Unisba ini memberikan pandangan yang berharga tentang potensi dan tantangan yang dihadapi oleh distro di tengah gempuran pasar daring. Diharapkan dengan pemahaman yang lebih baik tentang tren dan strategi yang efektif, distro di Kota Bandung dapat tetap menjadi pemain utama dalam industri fashion dan bisnis kreatif.

 

[Helmi Ilham Fauzi]

[Humas Fakultas Ekonomi dan Bisnis]

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Translate »