Guest Lecturer: Dr. Isma Addi Bin Jumbri dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) berbagi Wawasan Kewirausahaan dan Teknologi di UNISBA

  • Beranda
  • Berita
  • Guest Lecturer: Dr. Isma Addi Bin Jumbri dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) berbagi Wawasan Kewirausahaan dan Teknologi di UNISBA

Bandung, 10 Oktober 2024 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung (Unisba) kembali mengadakan acara akademik yang inspiratif dengan menghadirkan Dr. Isma Addi Bin Jumbri, Director of Center for Enterprise and Technopreneurship Development (CREATE) dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) sebagai Guest Lecturer. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 10 Oktober 2024 ini bertempat di Auditorium Gedung Dekanat Lantai 8 Unisba, dan dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, dan peminat kewirausahaan serta teknologi.

Dr. Isma Addi Bin Jumbri, yang memiliki pengalaman luas dalam pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship), berbagi wawasan dan pengetahuannya tentang bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam dunia bisnis serta bagaimana inovasi menjadi kunci utama dalam menghadapi era digital yang serba cepat.

 

Dalam kuliah tamu ini, Dr. Isma Addi Bin Jumbri mengangkat tema yang sangat relevan dengan perkembangan ekonomi digital. Beliau menjelaskan bahwa kewirausahaan berbasis teknologi atau technopreneurship bukan hanya menjadi tren, tetapi telah menjadi pilar utama dalam perekonomian modern. Teknologi mendorong terciptanya model bisnis baru, peluang pasar yang lebih luas, serta efisiensi dalam berbagai sektor industri.

Beliau juga menggarisbawahi pentingnya pendidikan dan pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi di kalangan mahasiswa, untuk mencetak generasi yang tidak hanya siap kerja, tetapi juga siap menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui inovasi digital.

Selain membahas peluang bisnis dalam dunia digital, Dr. Isma Addi Bin Jumbri juga menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam pengembangan technopreneurship. Dengan adanya kerjasama lintas negara, para pengusaha dan inovator bisa saling berbagi pengetahuan, teknologi, serta peluang investasi.

Ia juga mengajak mahasiswa Unisba untuk lebih terbuka terhadap peluang kolaborasi dengan mahasiswa dan pengusaha dari Malaysia, serta terus berupaya memperluas jejaring internasional yang dapat memperkaya pengalaman dan pengetahuan dalam kewirausahaan.

 

Sesi kuliah tamu ini mendapatkan sambutan hangat dari para peserta yang hadir, terutama mahasiswa yang memiliki minat tinggi dalam bidang kewirausahaan dan teknologi. Mereka dengan antusias mengikuti pemaparan Dr. Isma, serta mengajukan berbagai pertanyaan seputar strategi dalam memanfaatkan teknologi untuk membangun bisnis yang sukses di era digital.

Salah satu pertanyaan menarik datang dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang bertanya tentang tantangan utama dalam mengembangkan start-up berbasis teknologi di Asia Tenggara. Dr. Isma menanggapi dengan menekankan bahwa tantangan terbesar terletak pada kesiapan mental para pengusaha muda untuk menghadapi risiko dan ketidakpastian, serta pentingnya adaptasi terhadap perubahan teknologi yang sangat cepat.

 

Di akhir acara, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba, Dr. Asnita Frida B.R Sebayang, SE., M.Si, yang turut hadir, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dr. Isma Addi Bin Jumbri atas kesempatan berharga ini. Ia berharap kunjungan dan kuliah tamu seperti ini dapat terus dilakukan sebagai bagian dari upaya memperluas wawasan mahasiswa dan meningkatkan hubungan kerjasama internasional antara FEB Unisba dan UTeM.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata sebagai simbol persahabatan dan kolaborasi antara FEB Unisba dan UTeM, serta sesi foto bersama seluruh peserta dan narasumber. Dengan suksesnya pelaksanaan kegiatan Guest Lecturer ini, Unisba terus berkomitmen untuk memperkuat jaringan internasional dan memberikan pembelajaran terbaik bagi mahasiswa melalui pengalaman langsung dengan praktisi dan akademisi global.

 

Translate »