Raih Prestasi Bersama Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNISBA

administrator 0000-00-00 In Fakultas Ekonomi & Bisnis

"RAIH PRESTASI BERSAMA FEB UNISBA" adalah serangkaian kegiatan lomba yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi Unisba. Kegiatan yang dilombakan meliputi:

  1. Kompetisi Ekonomi (Lomba Cerdas Tangkas antar SMA Se-Jabar)
  2. Lomba Video Dokumenter antar SMA Se-Jabar dengan Tema “Smart Village on Islamic Perspective”
  3. Lomba Business Plan antar Mahasiswa Tingkat Nasional dengan Tema “Smart Village on Islamic Perspective”

I. Lomba Cerdas Tangkas antar SMA Se-Jabar

Persyaratan

  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran dan dikirim via email panitia (Calon Peserta adalah siswa/siswi kelas X1 IPA/IPS);
  2. Calon Peserta tergabung dalam Tim (Satu Tim terdiri dari 3 Orang);
  3. Pengiriman formulir disertai bukti transfer untuk tiap Tim. Biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000 untuk tiap Tim;
  4. Pengiriman formulir pendaftaran dan bukti transfer paling lambat tanggal 9 April 2018.

Tahapan Lomba Cerdas Tangkas

  1. Perlombaan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2018;
  2. Babak penyisihan dilaksanakan di Aula Utama Unisba, dimana semua tim mengikuti tes tertulis (Secara Individu). Nilai setiap individu dalam Tim akan digabungkan dan menjadi nilai akhir Tim. Nilai Tim akan menentukan peserta untuk masuk ke final. (yang terpilihhanya 12 Tim);

  3. Dari 12 Tim Peserta yang masuk babak semi final akan dibagi menjadi 2 kelompok dan masuk ke dalam ruangan yang berbeda. Dari 2 kelompok akan terpilih 4 Tim dengan nilai tertinggi dan masuk dalam babak final. (Pertanyaan terangkum dalam satu amplop yang dipilih oleh masing-masing Tim);

  4. Babak Final dilakukan di Aula Unisba. Empat Tim yang masuk final ini akan menghadapi babak pertanyaan lisan bagi tiap Tim dan pertanyaan rebutan (Pertanyaan terangkum dalam satu amplop dipilih oleh masing-masing Tim). Dalam babak final ini akan ditentukan juara 1,2,3 dan harapan;

  5. Materi lomba cepat tangkas terdiri dari materi pelajaran IPA, IPS, dan matematika, serta informasi umum tentang UNISBA dan Fakultas Ekonomi Unisba.

Ketentuan Umum dan Tata Tertib

  1. Ketiga perlombaan ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba;

  2. Peserta wajib hadir sebelum pukul 07.15 WIB di tempat pelaksanaan;

  3. Pakaian peserta adalah seragam identitas sekolah masing-masing dan jaket almamater bagi mahasiswa;

  4. Peserta harap melakukan  registrasi ulang di tempat pelaksanaan dengan menyerahkan foto copy kartu pelajar atau KTM bagi mahasiswa serta mengambil voucher untuk ditukar dengan konsumsi makan siang;

  5. Sekolah hanya dapat maksimal mengirimkan 3 kelompok yang terdiri dari 3 siswa. Bagi mahasiswa tidak ada batasan;

  6. Peserta wajib mengikuti acara pembukaan;

  7. Peserta tidak diperkenankan membawa alat bantu yang melanggar peraturan perlombaan;

  8. Ketentuan yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan diatur/diputuskan kemudian bilamana diperlukan;

II. Lomba Video Dokumenter antar SMA Se-Jabar dengan Tema “Smart Village on Islamic Perspective”

Persyaratan

  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) untuk setiap tim.
  3. Setiap tim maksimal terdiri dari 3 (tiga) orang.
  4. Peserta melakukan upload video dokumenter ke Youtube, durasi maksimal 10 menit, dengan Format: FEBUNISBA_SMATIC2018_NAMA KELOMPOK/ GRUP
  5. Pengiriman formulir pendaftaran, bukti transfer dan link video youtube paling lambat tanggal 2 April 2018.

6.    Untuk Pendaftaran dapat dilakukan melalui link berikut link pendaftaran

 

Tahapan Lomba

  1. Masa penilaian Video Mulai Tanggal 2 April – 15 April 2018
  2. Perlombaan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2018
  3. Akan dipilih 10 video terbaik untuk dipresentasikan di Unisba, yang akan diumumkan pada tanggal 16 April 2018.
  4. Isi video terdiri dari :
    1. Gambaran potensi desa yang dijadikan obyek paparan.
    2. Berdasarkan potensi desa tersebut, digambarkan pula produk atau jasa yang dapat dihasilkan ditawarkan.
    3. Gambaran pengolahan produk atau jasa tersebut serta sumber daya yang digunakan.
    4. Gambaran kemungkinan pengembangannya.
    5. Dalam video harus disertai narasi.
  5. Kriteria penilaian lomba video dokumenter.
    1. Berdasarkan jumlah Like dan Views di Youtube
    2. Materi presentasi dan kreativitas gagasan.
    3. Nilai inovasi yang ditawarkan
    4. Penguasaan materi dan kemampuan menjawab pertanyaan.

III. Lomba Business Plan antar Mahasiswa Tingkat Nasional dengan Tema “Smart Village on Islamic Perspective”

Latar Belakang

Penduduk Indonesia yang saat ini lebih dari 250 juta jiwa terdiri dari 53,3% berada di daerah perkotaan (Badan Pusat Statistik Indonesia, 2017), sisanya tersebar di daerah pedesaan, namun hal itu akan berbalik jika saat ini tidak ada solusi untuk mengatasi kesenjangan di desa dalam hal infrastruktur maupun teknologi, banyak kaum muda pedesaan pindah ke perkotaan untuk meningkatkan taraf hidup serta untuk menikmati sarana ataupun infrastruktur yang belum ada di desa, yang mengakibatkan tingkat kepadatan kota semakin tinggi dan menciptakan berbagai macam permasalahan lingkungan dan sosial lainnya, serta penduduk yang bermukin di desa semakin berkurang. Salah satu konsep yang bisa diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah “Smart Village” dimana konsep dari Smart Village ini adalah sosial, terampil, simpel, moral, modern, sadar, menyesuaikan, siap, bertanggungjawab,kecerdasan teknologi dan transparan (smartvillage.org).
Untuk menerapkan konsep Smart Village ini , maka harus melibatkan banyak stakeholder dan kebijakan yang bisa mengakomodir semua kepentingan di daerah atau di desa, Smart Village yang berasal dari Kata “Smart”memiliki konsep bahwa fokus utama sebagai pendorong pertumbuhan adalah peran ICT infrastruktur, sumber daya manusia / pendidikan, sosial dan modal relasional dan faktor lingkungan, kinerja desa tergantung pada infrastruktur keras(modal fisik), dan semakin ketersediaandan kualitas pengetahuan, komunikasi &social infrastruktur (intellectual capital and social capital), Sebuah desa pintar memiliki investasi yang dilakukan pada manusia dan sosial selain modal fisik (N.Viswandham, 2014).
Teknologi Informasi sangat berperan dalam mewujudkan Smart Village tersebut, baik dari penyediaan teknologi pendukung pertanian, aplikasi atau software pemetaan potensi desa maupun pemasaran hasil pertanian atau hasil bumi menggunakan internet. Hal ini di tandai dengantingkat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tahun 2016, sebanyak88,1 juta (34,9%), mengalami peningkatan 16,2 juta dari sebelumnya (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesa, 2017).
Dalam penggunaan anggaran biaya pengembangan desa, Undang- Undang Desa yang telah di sahkan oleh DPR pada 18 Desember 2013 dimana dalam Undang-Undang ini mengatur materi mengenai asas pengaturan, kedudukan dan jenis desa, penataan desa, kewenangan desa, penyelenggaraan pemerintahan desa, hak dan kewajiban desa dan masyarakat desa, peraturan desa, keuangan desa dan aset desa, pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan, Badan Usaha Milik Desa, kerja sama desa, lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa, serta pembinaan dan pengawasan, dengan anggaran sekitar 104,6 Triliun untuk 72.000 desa di Indonesia (Undang Undang Desa, 2014) membutuhkan pengawasan dalam penggunaan anggaran dan melindungi aparat desa dari jeratan hukum akibat penyalahgunaan anggaran. Oleh karena itu perlu ada desain dan konsep Smart Village yang baik untuk mewujudkan desa yang mandiri, yakni adanya framework yang menjelaskan langkah-langkah mencapai predikat SmartVillage, Perlu menentukan framework yang akan digunakan, karena dengan EAF (Enterprise Architecture Framework) dapat meningkatkan kecepatan dan penyederhanaan dalam pengembangan arsitektur, menjamin kelengkapan solusi yang dirancang, dan memastikan bahwa arsitektur yang di pilih mampu memberi jawaban atas pertumbuhan dan kebutuhan bisnis dimasa depan (Minoli, 2008).
Berdasarkan uraian di atas perlu kiranya menggali potensi desa dan membaca peluang bisnis yang berasal dari desa. Oleh karenanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaksanakan lomba Business Plan antar Mahasiswa di Indonesia dengan Tema “ Smart Village on Islamic Perspective”

Pesyaratan Umum

  1. Peserta adalah mahasiswa S1/D3 masih aktif dari seluruh universitas yang ada di Indonesia. Dibuktikan dengan melampirkan fotocoy KTM.
  2. Satu tim terdiri dari 3-5 anggota, dapat berasal dari Prodi yang berbeda namun dari Perguruan Tinggi yang sama.
  3. Peserta yang sudah terdaftar dalam satu tim tidak dapat digantikan oleh peserta lain.
  4. Obyek yang menjadi materi proposal harus terkait dengan pengembangan potensi desa.
  5. Proposal bisnis yang dikirm ke panitia merupakan karya asli bukan hasil plagiarism, belum pernah dipublikasikan atau disertakan dalam kompetisi.
  6. Jika peserta melanggar aturan di atas, maka akan di diskualifikasi dari kompetisi.

Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dimulai pada tanggal 4 Meret 2018-2 April 2018
  2. Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 untuk tiap tim, ditransfer ke BRI Syariah 1003620677 an FE Unisba
  3. Peserta mengirimkan scan bukti pembayaran dan formulir pendaftaran ke alamat email  ke dnita90@gmail.com
  4. Peserta dapat mendownload formulir pendaftaran di http://feb.unisba.ac.id/
  5. Peserta mengirimkan soft file  proposal bisnis melalui email ke  dnita90@gmail.com
  6. Setelah mengirimkan scan bukti pembayaran, formulir pendaftaran serta file proposal bisnis, peserta melakukan konfirmasi melalui sms atau wa ke no hp panitia.
  7. Pengiriman proposal bisnis paling lambat tanggal 2 April 2018.
  8. Masa penilaian proposal Mulai Tanggal 2 April – 15 April 2018
  9. Perlombaan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2018
  10. Akan dipilih 10 proposal terbaik untuk dipresentasikan di Unisba, yang akan diumumkan pada tanggal 16 April 2018.
  11. Pada saat presentasi peserta membawa prototype produk untuk dipamerkan.

Hadiah

Pemenang I, II, III dan favorit akan mendapatkan hadiah berupa uang, trophy dan sertfikat. Semua peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaaan lomba.

Kriteria Penilaian Proposal Bisnis

  1. Ide dan inovasi
  2. Peluang bisnis
  3. Keberlanjutan
  4. Kesesuaian format
  5. Kesesuaian judul
  6. Daya tarik nama produk

Kriteria Penilaian Presentasi (Final)

  1. Opening (yel yel, puisi, ...)
  2. Presentasi
  3. Penguasaan materi (kemampuan menjawab)
  4. Manajemen waktu
  5. Visual display presentation

Format Proposal Bussiness Plan

  1. Maksimum 15 halaman termasuk cover dan lampiran
  2. Ukuran kertas A4
  3. Jenis dan ukuran huruf : times new roman 12pt
  4. Spasi 1.5
  5. Margin : kanan, atas bawah 3 cm, kiri 4 cm

Batang Tubuh Proposal Bisnis

  1. Cover :judul proposal, logo PT, nama ketua dan anggota tim, Nama PT dan tahun
  2. Pendahuluan : Latarbelakang inovasi ide bisnis dan Visi Misi inovasi bisnis
  3. Content
    1. Metode operasional/produksi
    2. Aspek pemasaran/rencana pemasaran
    3. Proyeksi Finansial (proyeksi biaya, analisis profit, Income statement analysis.
  4. Kesimpulan
    1.     Proyeksi keberlanjutan bisnis (keberlanjutan produk di pasar).

Formulir pendaftaran dapat diunduh pada link berikut ini: formulir pendaftaran

By administrator